Kamis, 17 Juli 2014

Bolehkah Berutang Untuk Berqurban?

1, aqiqah bekasi, aqiqah bekasi timur, aqiqah bekasi selatan, aqiqah bekasi barat, aqiqah bekasi utara, paket aqiqah bekasi, akbar aqiqah bekasi, rumah aqiqah bekasi, berkah aqiqah bekasi, barokah aqiqah bekasi, kambing aqiqah bekasi, jual kambing aqiqah bekasi, harga kambing aqiqah bekasi 2015, jasa kambing aqiqah bekasi, kambing aqiqah jakarta timur, kambing aqiqah jakarta, kambing aqiqah jakarta barat, kambing aqiqah jakarta utara, kambing aqiqah jakarta pusat, kambing aqiqah jakarta selatan, kambing akikah jakarta selatan, kambing akikah jakarta, kambing akikah jakarta timur, jual kambing aqiqah jakarta, aqiqah jakarta, aqiqah jakarta timur, aqiqah jakarta barat, aqiqah jakarta utara, aqiqah jakarta pusat, aqiqah jakarta raya, aqiqah jakarta murah, paket aqiqah jakarta, rumah aqiqah jakarta, jasa aqiqah jakarta, assalam aqiqah bekasi, amanah aqiqah bekasi, aqiqah barokah bekasi, berkah aqiqah bekasi timur, rumah aqiqah bekasi barat, jasa aqiqah bekasi barat, kambing aqiqah di bekasi barat, baitul aqiqah bekasi, catering aqiqah di bekasi barat, aqiqah catering bekasi, catering aqiqah bekasi timur, cahaya aqiqah bekasi, aqiqah di bekasi, aqiqah daerah bekasi, aqiqah di bekasi timur, aqiqah daerah bekasi timur, aqiqah daerah bekasi utara, jasa aqiqah di bekasi, paket aqiqah di bekasi, catering aqiqah di bekasi, kambing aqiqah di bekasi, rumah aqiqah di bekasi, paket aqiqah daerah bekasi, kambing aqiqah daerah bekasi, jasa aqiqah daerah bekasi, harga kambing aqiqah daerah bekasi, jasa aqiqah di bekasi timur, alamat aqiqah di bekasi, jasa aqiqah di bekasi utara, domba aqiqah bekasi, aqiqah enak bekasi, harga aqiqah bekasi, hewan aqiqah bekasi, jasa aqiqah bekasi, jasa aqiqah bekasi timur, jasa aqiqah bekasi utara, aqiqah kambing bekasi, kambing aqiqah bekasi timur, karunia aqiqah bekasi, kambing aqiqah bekasi utara, layanan aqiqah bekasi, aqiqah murah bekasi, paket aqiqah murah bekasi, kambing aqiqah murah bekasi, paket aqiqah bekasi timur, pesan aqiqah bekasi, paket aqiqah bekasi utara, sahabat aqiqah bekasi, aqiqah tambun bekasi, tempat aqiqah di bekasi timur, tempat aqiqah bekasi, paket aqiqah di bekasi timur, kambing akikah di bekasi, harga kambing aqiqah di bekasi 2015, harga kambing aqiqah bekasi, harga kambing aqiqah 2015 bekasi, jual kambing aqiqah bekasi timur, jual kambing aqiqah jakarta barat, harga kambing aqiqah jakarta barat, kambing aqiqah murah jakarta barat, jasa kambing aqiqah jakarta barat, jual kambing akikah jakarta barat, kambing akikah di jakarta barat, jual kambing aqiqah di jakarta barat, harga kambing aqiqah jakarta utara, jual kambing aqiqah jakarta utara, jual kambing aqiqah condet, jual kambing aqiqah di cikarang, jual kambing aqiqah di bekasi, jual kambing aqiqah di jakarta selatan, jual kambing aqiqah jakarta timur, jual kambing aqiqah jakarta selatan, jual kambing aqiqah jaksel, jual kambing aqiqah jakarta pusat, jual kambing akikah jakarta selatan, jual kambing aqiqah kebayoran lama, jual kambing aqiqah di karawang, jual kambing aqiqah cikarang, harga kambing aqiqah cikarang, harga kambing aqiqah jakarta, jual kambing aqiqah murah di jakarta, harga kambing untuk aqiqah di jakarta, jual kambing akikah bekasi, harga kambing akikah bekasi, paket aqiqah murah di bekasi, paket akikah di bekasi, harga paket aqiqah bekasi, alamat jasa aqiqah di bekasi, jasa akikah di bekasi, fauzan aqiqah bekasi, aqiqah perumnas 3 bekasi, jual kambing akikah di bekasi, jual kambing akikah jakarta, jual kambing akikah jakarta timur, harga kambing aqiqah 2015 bekasi, harga kambing aqiqah 2015 jakarta, tempat akikah di bekasi, akikah bekasi, akikah di bekasi, paket akikah bekasi, jasa akikah bekasi, aqiqah murah di bekasi, aqiqah murah pondok gede Tidak ada larangan dalam nash, tentang melakukan amal shalih yang sifatnya maaliyah (harta) seperti qurban, aqiqah, dan haji[1], yang pembiayaannya berasal dari utang. Maka, dia kembali pada bab utang piutang yang memang dibolehkan syariat. Dengan catatan:

    Ketika dia berutang mesti dalam keadaan yakin mampu membayarnya
    Utang tersebut tidak menambah beban berat utang lama yang masih banyak dan belum dilunaskan, sebab, semua ibadah qurban ini memang dianjurkan bagi mereka yang sedang dalam keadaan lapang rezeki dan istitha’ah (mampu).

Para ulama salaf pun melakukannya, dan mereka tidak memandang masalah dengan berutang untuk berqurban (atau juga aqiqah). Dalam Tafsir-nya, Imam Ibnu Katsir menceritakan dari Imam Sufyan Ats Tsauri tentang Imam Abu Hatim (riwayat lain menyebut Imam Abu Hazim) yang berutang untuk membeli Unta buat qurban.

وقال سفيان الثوري: كان أبو حاتم يستدين ويسوق البُدْن، فقيل له: تستدين وتسوق البدن؟ فقال: إني سمعت الله يقول: { لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ }

Berkata Sufyan Ats Tsauri: Dahulu Abu Hatim berutang untuk membeli Unta qurban, lalu ada yang bertanya kepadanya: “Anda berutang untuk membeli unta? Beliau menjawab: Saya mendengar Allah Ta’ala berfirman: Kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya (unta-unta kurban tersebut).” (Q.s. Al Hajj: 36). (Tafsir Al Quran Al ‘Azhim, 5/426)

Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah menceritakan dari Al Haarits tentang dialog antara Imam Ahmad bin Hambal dan Shalih (anaknya), katanya:

وقال له صالح ابنه الرجل يولد له وليس عنده ما يعق أحب إليك أن يستقرض ويعق عنه أم يؤخر ذلك حتى يوسر قال أشد ما سمعنا في العقيقة حديث الحسن عن سمرة عن النبي كل غلام رهينة بعقيقته وإني لأرجو إن استقرض أن يعجل الله الخلف لأنه أحيا سنة من سنن رسول الله واتبع ما جاء عنه انتهى

Shalih –anak laki-laki Imam Ahmad- berkata kepadanya bahwa dia kelahiran seorang anak tetapi tidak memiliki sesuatu buat aqiqah, mana yang engkau sukai berutang untuk aqiqah ataukah menundanya sampai lapang keadaan finansialnya. Imam Ahmad menjawab: “Sejauh yang aku dengar, hadits yang paling kuat anjurannya tentang aqiqah adalah hadits Al Hasan dari Samurah, dari Nabi bahwa, “Semua bayi  tergadaikan oleh aqiqahnya,” aku berharap jika berutang untuk aqiqah semoga Allah segera menggantinya karena dia telah menghidupkan sunah di antara sunah-sunah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan telah mengikuti apa-apa yang Beliau bawa. Selesai. (Tuhfatul Maudud fi Ahkamil Maulud, Hal. 64. Cet. 1, 1971M-1391H. Maktabah Darul Bayan)

Demikianlah kebolehan berutang untuk berqurban, namun “boleh” bukan berarti lebih utama, sebab lebih utamanya adalah justru membayar utang dahulu, bukan menambah dengan utang baru. Membayar utang adalah wajib, dan tidak ada khilafiyah atas kewajibannya, sedangkan berqurban adalah sunah muakadah bagi yang sedang lapang rezeki menurut jumhur ulama, kecuali Imam Abu Hanifah yang mengatakan wajib. Maka, wajar jika sebagian ulama justru menganjurkan untuk melunaskan utang dulu barulah dia berqurban jika sudah lunas utangnya.

Bagaimana dengan utang yang jangka waktunya panjang, seperti cicilan mobil atau rumah yang mencapai belasan tahun? Apakah orang seperti ini harus menunggu belasan tahun dulu untuk berqurban?

Tidak juga demikian, dia bisa dan boleh saja berutang untuk qurban selama memang dia mampu untuk melunasinya dan tidak mengganggu cicilan lainnya. Tetapi, bukan pilihan yang bijak jika dia tetap ngotot berutang tetapi keluarganya sendiri sangat merana hidupnya, atau ada kebutuhan mendesak seperti biaya sekolah yang besar, rumah sakit, dan semisalnya.

Wallahu A’lam.

Bacaan Sebelumnya :
- Demotivasi
- Hukum Aqiqah


Sponsor By : Aqiqah Di Bekasi

Sponsor By : Aqiqah Di Bekasi
Aqiqah Di Bekasi